Kankemenag Magetan Lakukan Pembinaan Etika Pelayanan Publik bagi Front Office PTSP

Kab Magetan ( Humas) 27/02/23, Pada era keterbukaan informasi publik sekarang ini, instansi pemerintahan diharapkan lebih peka terhadap permasalahan yang dihadapi publik. Masyarakat berharap kecepatan dan ketepatan serta kemudahan dalam urusan yang berhubungan dengan pemerintahan.
Kegiatan Etika Pelayanan Publik bagi Front Office PTSP ini diikuti sebanyak 48 orang yang terdiri dari petugas PTSP dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan, petugas PTSP KUA kecamatan, dan madrasah.
Kepala Kankemenag Magetan Muttakin menyampaikan ““Kemenag sudah berubah sangat luar biasa. Kami mohon kepada narasumber tolong nanti kita diajari dan mari kita nyonto bersama pelayanan di bank dengan ramah. “Koyo opo apike nyambut gae neng madrasah dan KUA kalu kalian itu memberikan pelayanan sing ora pas, pasti akan memberikan efek yang negatif pada instansi kalian. Takin berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat di terpakan di tempat kerja masing-masing ". Ungkapnya
Fajar dan Kawan kawan selaku pemateri dari BRI cabang Magetan menuturkan pada kegiatan ini ada tiga unsur yang penting dalam pelayanan yaitu fisik, orang dan proses.
Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pelayanan prima tersebut, security dan petugas PTSP yang merupakan garda terdepan layanan diberikan praktik dan pelatihan, serta pemahaman langsung mengenai tata cara menerima tamu, komunikasi yang baik serta bahasa tubuh yang benar, dan bagaimana etika dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Bayangkan senyum kepuasan pelanggan atau masyarakat , saat kita berhasil membantu mereka dalam urusannya . " ujarnya
"Public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian public yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau suatu organisasi, badan atau lembaga pemerintahan, baik itu mengenai pelayanannya," ungkap Melisa.
"Selanjutnya public relation juga sangat berperan sebagai jembatan komunikasi dengan berbagai pihak. Maka seorang Public relations harus paham dengan konsep komunikasi, sehingga dapat membangun hubungan timbal balik dengan para pelanggan atau masyarakat supaya tujuan pelayanan yang baik bisa tercapai," lanjutnya. (Rti)